BISNIS


A. Pengertian Bisnis
  • ·         Secara Umum

            Bisnis adalah suatu kegiatan yang membantu usaha-usaha pemenuhan kebutuhan masyarakat atau usaha untuk melayani kebutuhan masyarakat dan memiliki tujuan untuk mencari keuntungan secara ekonomi.

  • ·         Menurut Para Ahli

1.      Prof. Owen
      Bisnis ialah suatu perusahaan yang berkaitan dengan produksi dan distribusi barang untuk dijual kembali ke pasaratau memberikan harga dalam setiap barang ataupun jasa.
2.      Urwick dan Hunt
      Bisnis ialah setiap perusahan yang memproduksi dan mendistribusikan serta menyediakan barang atau jasa yang diperlukan masyarakat dan atas dasar kesediaannya dalam membeli atau membayar.
3.      Mc. Naughton
      Bisnis merupakan suatu pertukaran barang, jasa ataupun uang dengan tujuan memperoleh keuntungan.
4.      Prof.L.R.Dicksee
      Bisnis ialah suatu bentuk kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan bagi yang berkepentingan atau mengusahakan kegiatan tersebut.
5.      William Spregal
      Bisnis ialah suatu kegiatan yang berhubungan dengan produksi dan distribusi barang atau jasa yang bisa diklasifikasikan dalam kegiatan-kegiatan bisnis.
6.      Hooper
      Bisnis merupakan keseluruhan yang kompleks pada bidang-bidang industri dan penjualan, industri dasar, prosesnya, industri manufaktur dan jaringan, insuransi, perbankan, distribusi, transportasi dan lainnya yang kemudian masuk secara menyeluruh dalam dunia bisnis. Tujuannya memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakannya.
7.      Merriam Webster
      Bisnis merupakan segala aktifitas pembuatan dan jual beli barang jasa kemudian ditukar dengan uang, kegiatan atau keja merupakan suatu pekerjaan dan jumlah kegiatan tersebut terselesaikan oleh sebuah perusahaan, pabrik ataupun toko.
8.      Brown and Petrello
      Bisnis merupakan suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat. Jika kebutuhan masyarakat meningkat, maka jumlah produksinya di tingkatkan agar memenuhi segala kebutuhan masyarakat sambil memperoleh laba.
9.      Steinford
Bisnis berarti aktifitas dalam penyediaan barang dan jasa yang diperlukan konsumen.
10.  Musselman and Jackson
      Bisnis ialah jumlah keseluruhan aktifitas yang terorganisir dalam bidang perniagaan dan industri penyediaan barang dan jasa agar terpenuhi kebutuhan masyarakat serta dapat memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat.

B. CARA MENGKLASIFIKASIKAN BISNIS

            Untuk menentukan peluang bisnis ada 2 fase, yaitu:
  • ·         Untuk Menemukan Gagasan

            Ada 4 tempat untuk memperoleh gagasan peluang bisnis baru.
1.      Diri sendiri
      Kepekaan untuk bertanya dengan diri sendiri, apa yang diperlukan dan dibeli oleh orang lain.
2.      Pelanggan dan pesaing
      Sulit, karena tidak selalu jujur mengatakan segala hal yang ingin diketahui.
3.      Pasar
      Keberhasilan suatu produk disatu pasar kerap kali dapat melahirkan gagasan tentang sukses dan potensial disuatu pasar lain.
4.      Produk yang gagal
      Suatu evaluasi yang mendalam atas produk yang baru.
  • ·         Gagasan yang Berhubungan Dengan Peluang Bisnis

1.      Analisis persoalan
2.      Analisis situasi
3.      Merumuskan wilayah yang tidak diketahui
4.      Mensurvei pelanggan sasaran

C. KARAKTERISTIK SISTEM BISNIS

  • ·         Kompleksitas dan Diversitas

          Kompleksitas yaitu tingkat kerumitan dari hasil suatu barang, jika barang tersebut memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi maka barang tersebut akan dijual dengan harga yang tinggi juga. Begitu pula dengan jasa seseorang, jika orang tersebut semakin berkualitas, mempunyai pengetahuan yang tinggi, dan sangat memuaskan maka tarif untuk setiap jasa yang dilakukan akan semakin tinggi juga.
            Diversitas adalah penganekaragaman suatu produk/barang dari sebuah perusahaan. Maksudnya adalah apabila sutu perusahaan mempunyai 5 macam produk barang yang ingin dijual, jika ada dua barang yang kurang memuaskan para konsumen dan barang tersebut samakin turun tingkat permintaannya bahkan tidak laku terjual dipasaran maka perusahaan tersebut memiliki tiga barang yang masih bisa dijual dan membuat barang tersebut menjadi sangat berkualitas dan bahkan konsumen melirik barang tersebut, dan barang tersebut melonjak tinggi, jadi perusahaan tersebut tidak mati akibat tidak adanya diversivikasi.
  • ·        Saling Bergantung (Interdependen)

            Masing – masing perusahaan dalam operasinya selalu membutuhkan dan dibuthkan oleh perusahaan lain . hasil yang diproduksi oleh sebuah perusahaan akan menjadi input bagi perusahaan lain, demikian juga sebaliknya. Maka dari itu perusahaan tidak akan bisa eksis atau terkenal tanpa bekerja sama dengan perusahaan lain
            Ketergantungan juga dapat dilihat dari penyebaran wilayah produk. Perusahaan yang berada dalam suatu negara dan ingin meningkatkan permintaan produknya tentu akan mempertimbangkan untuk menjualnya keluar negeri jika pasar dalam negeri melebihi kapasitas atau permintaan yang terbatas. Dalam hal ini perusahaan harus bekerja sama dengan asosiasi/ lembaga-lembaga perdagangan untuk membantu memasarkan produknya.
  • Perubahan dan Inovasi

Proses pembaharuan produk dan barang memiliki tujuan agar konsumen tidak bosan dengan barang yang dijual oleh perusahaan tersebut. Biasanya perusahaan merubah produk dengan memperbaharui tampilan atau membuat produk baru untuk menarik para pelanggan atau konsumen yang lain.

D. PERAN BISNIS DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT
           

            Bisnis dapat dilakukan oleh semua lapisan masyarakat, karena inti dari bisnis itu sendiri adalah untuk mendapatkan laba, walaupun ada juga bisnis yang tidak mencari laba tetapi hanya untuk meningkatkan kesejahteraan para anggotanya. Bisnis memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan berbisnis, pihak pebisnis akan mendapat keuntungan secara ekonomi atas barang yang dijual atau jasa yang ditawarkan, sedangkan untuk pihak konsumen akan dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara membeli barang yang dijual maupun menggunakan jasa yang ditawarkan oleh si pebisnis. Contohnya seperti masyarakat tidak perlu repot-repot lagi membuat alat penerangan karena sudah ada lampu yang diproduksi oleh suatu perusahaan. Dapat kita lihat dari contoh diatas bahwa terdapat peranan bisnis karena perusahaan menjual produknya kepada konsumen agar konsumen dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan hidupnya, dan pastinya perusahaan mengambil keuntungan dari produk yang dijualnya. Hal ini sesuai dengan makna dari bisnis itu sendiri bahwa selain mengambil keuntungan dari bisnis yang dijalankan, pebisnis juga harus dapat memenuhi kebutuhan hidup masyarakat luas dari penjualan produk atau penawaran jasa.



SUMBER - SUMBER :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bisnis Pisang Nugget dan Business Advisor

FUNGSI MANAJEMEN PT INDOSAT TBK

Sarana Bina Insani, Koperasi Kredit Dengan Segudang Kemudahan