A.  PENGERTIAN MARKETING MIX
            Secara bahasa, Marketing Mix adalah Bauran Pemasaran. Sedangkan menurut istilah, Marketing Mix adalah strategi pemasaran yang dilaksanakan secara terpadu atau strategi pemasaran yang dilakukan secara bersamaan dalam menerapkan elemen strategi yang ada dalam marketing mix itu sendiri.
B.   UNSUR – UNSUR 7P DALAM MARKETING MIX
1.      Product
2.      Price
3.      Promotion
4.      Place
5.      People
6.      Process
7.      Physical Evidence
C.   ORIENTASI PASAR
           Orientasi pasar merupakan sesuatu yang penting bagi perusahaan sejalan dengan meningkatnya persaingan global dan perubahan dalam kebutuhan pelanggan dimana perusahaan menyadari bahwa mereka harus selalu dekat dengan pasarnya. 
            Contoh perusahaan yang mengadakan orientasi pasar seperti misalnya perusahaan makanan memproduksi suatu produk makanan baru, strategi pemasarannya yaitu dengan cara membagikan sampel makanan gratis dan memberikan kuesioner bagi penerima sampel makanan. Setelah mengumpulkan semua kuesioner, maka perusahaan tersebut akan tahu seberapa besar minat masyarakat terhadap produk makanan baru yang diproduksi perusahaan tersebut. Jika ternyata hasilnya menyatakan minat masyarakat tinggi, maka perusahaan tersebut akan meningkatkan jumlah produksi makanan tersebut. Jika minat masyarakat rendah, maka perusahaan tersebut akan melakukan inovasi lagi untuk meningkatkan minat masyarakat dalam membeli produk makanan yang perusahaan tersebut jual. Sedangkan contoh untuk perusahaan yang tidak melakukan orientasi pasar yaitu misalkan perusahaan tersebut membuat suatu produk tetapi perusahaan tersebut tidak menganalisa apakah produk tersebut akan banyak diminati masyarakat atau tidak. Jadi dalam hal ini perusahaan tersebut akan terus memproduksi tanpa tahu apakah produk tersebut akan laku di pasaran dalam jangka panjang. Jika hal ini terus dibiarkan, maka kemungkinan yang dapat terjadi yaitu penjualan produk tersebut akan menurun karena dengan tidak dilakukannya orientasi pasar, perusahaan tersebut juga akan malas melakukan inovasi terhadap produk yang dijualnya.
            Jadi dapat disimpulkan, perusahaan yang akan terus bertahan dalam jangka panjang yaitu perusahaan yang melakukan orientasi pasar karena dengan begitu perusahaan tersebut akan terus mengembangkan produk-produknya menjadi lebih baik lagi dan hal ini dapat memunculkan serta meningkatkan masyarakat untuk selalu membeli produk-produk yang dijual perusahaan tersebut.
D.  PENGARUH HARGA TERHADAP PRODUSEN & KONSUMEN
            Bagi produsen, kenaikan harga dapat berdampak baik bila pendapatan yang diperoleh lebih tinggi daripada kenaikan biaya produksi. Bila hal ini terjadi, produsen akan terdorong untuk melipat gandakan produksinya (biasanya terjadi pada pengusaha besar). Namun, bila kenaikan harga menyebabkan naiknya biaya produksi hingga pada akhirnya merugikan produsen, maka produsen enggan untuk meneruskan produksinya. Sehingga produsen bisa menghentikan produksinya untuk sementara waktu.
            Bagi konsumen, harga sangat berpengaruh pada minat beli konsumen terhadap suatu barang. Dalam membeli barang, konsumen tentu akan melakukan pertimbangan-pertimbangan tertentu seperti apakah barang yang dibeli akan memberikan tingkat kepuasan yang besar atau apakah harga dan manfaat dari barang yang dibeli seimbang. Jika harga yang ditawarkan produsen mengalami peningkatan, otomatis konsumen akan mengurangi jumlah pembeliannya. Sebaliknya, jika harga barang tersebut relatif murah dan kualitasnya juga bagus, maka konsumen akan meningkatkan minat belinya terhadap barang tersebut.

SUMBER


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bisnis Pisang Nugget dan Business Advisor

FUNGSI MANAJEMEN PT INDOSAT TBK

Sarana Bina Insani, Koperasi Kredit Dengan Segudang Kemudahan