BISNIS
A.
Pengertian Bisnis
- · Secara Umum
Bisnis
adalah suatu kegiatan yang membantu usaha-usaha pemenuhan kebutuhan masyarakat
atau usaha untuk melayani kebutuhan masyarakat dan memiliki tujuan untuk
mencari keuntungan secara ekonomi.
- · Menurut Para Ahli
1.
Prof. Owen
Bisnis
ialah suatu perusahaan yang berkaitan dengan produksi dan distribusi barang untuk
dijual kembali ke pasaratau memberikan harga dalam setiap barang ataupun jasa.
2.
Urwick dan Hunt
Bisnis ialah setiap
perusahan yang memproduksi dan mendistribusikan serta menyediakan barang atau
jasa yang diperlukan masyarakat dan atas dasar kesediaannya dalam membeli atau
membayar.
3. Mc.
Naughton
Bisnis
merupakan suatu pertukaran barang, jasa ataupun uang dengan tujuan memperoleh
keuntungan.
4. Prof.L.R.Dicksee
Bisnis ialah suatu bentuk kegiatan yang bertujuan untuk
mendapatkan keuntungan bagi yang berkepentingan atau mengusahakan kegiatan
tersebut.
5. William
Spregal
Bisnis
ialah suatu kegiatan yang berhubungan dengan produksi dan distribusi barang
atau jasa yang bisa diklasifikasikan dalam kegiatan-kegiatan bisnis.
6. Hooper
Bisnis
merupakan keseluruhan yang kompleks pada bidang-bidang industri dan penjualan,
industri dasar, prosesnya, industri manufaktur dan jaringan, insuransi,
perbankan, distribusi, transportasi dan lainnya yang kemudian masuk secara
menyeluruh dalam dunia bisnis. Tujuannya memperoleh keuntungan bagi yang
mengusahakannya.
7. Merriam
Webster
Bisnis merupakan segala
aktifitas pembuatan dan jual beli barang jasa kemudian ditukar dengan
uang, kegiatan atau keja merupakan suatu pekerjaan dan jumlah kegiatan tersebut
terselesaikan oleh sebuah perusahaan, pabrik ataupun toko.
8. Brown
and Petrello
Bisnis merupakan suatu
lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat. Jika
kebutuhan masyarakat meningkat, maka jumlah produksinya di tingkatkan agar
memenuhi segala kebutuhan masyarakat sambil memperoleh laba.
9. Steinford
Bisnis
berarti aktifitas dalam penyediaan barang dan jasa yang diperlukan konsumen.
10. Musselman
and Jackson
Bisnis ialah jumlah keseluruhan aktifitas yang terorganisir
dalam bidang perniagaan dan industri penyediaan barang dan jasa agar terpenuhi
kebutuhan masyarakat serta dapat memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat.
B. CARA MENGKLASIFIKASIKAN BISNIS
Untuk menentukan peluang bisnis ada
2 fase, yaitu:
- · Untuk Menemukan Gagasan
Ada
4 tempat untuk memperoleh gagasan peluang bisnis baru.
1.
Diri
sendiri
Kepekaan untuk bertanya dengan diri
sendiri, apa yang diperlukan dan dibeli oleh orang lain.
2.
Pelanggan
dan pesaing
Sulit, karena tidak selalu jujur
mengatakan segala hal yang ingin diketahui.
3.
Pasar
Keberhasilan suatu produk disatu pasar
kerap kali dapat melahirkan gagasan tentang sukses dan potensial disuatu pasar
lain.
4.
Produk
yang gagal
Suatu evaluasi yang mendalam atas produk
yang baru.
- · Gagasan yang Berhubungan Dengan Peluang Bisnis
1.
Analisis
persoalan
2.
Analisis
situasi
3.
Merumuskan
wilayah yang tidak diketahui
4.
Mensurvei
pelanggan sasaran
C. KARAKTERISTIK SISTEM BISNIS
- · Kompleksitas dan Diversitas
Kompleksitas yaitu tingkat
kerumitan dari hasil suatu barang, jika barang tersebut memiliki tingkat
kerumitan yang cukup tinggi maka barang tersebut akan dijual dengan harga yang
tinggi juga. Begitu pula dengan jasa seseorang, jika orang tersebut semakin
berkualitas, mempunyai pengetahuan yang tinggi, dan sangat memuaskan maka tarif
untuk setiap jasa yang dilakukan akan semakin tinggi juga.
Diversitas
adalah penganekaragaman suatu produk/barang dari sebuah perusahaan. Maksudnya
adalah apabila sutu perusahaan mempunyai 5 macam produk barang yang ingin
dijual, jika ada dua barang yang kurang memuaskan para konsumen dan barang
tersebut samakin turun tingkat permintaannya bahkan tidak laku terjual
dipasaran maka perusahaan tersebut memiliki tiga barang yang masih bisa dijual
dan membuat barang tersebut menjadi sangat berkualitas dan bahkan konsumen
melirik barang tersebut, dan barang tersebut melonjak tinggi, jadi perusahaan
tersebut tidak mati akibat tidak adanya diversivikasi.
- · Saling Bergantung (Interdependen)
Masing – masing perusahaan dalam
operasinya selalu membutuhkan dan dibuthkan oleh perusahaan lain . hasil yang
diproduksi oleh sebuah perusahaan akan menjadi input bagi perusahaan lain,
demikian juga sebaliknya. Maka dari itu perusahaan tidak akan bisa eksis atau
terkenal tanpa bekerja sama dengan perusahaan lain
Ketergantungan juga dapat dilihat
dari penyebaran wilayah produk. Perusahaan yang berada dalam suatu negara dan
ingin meningkatkan permintaan produknya tentu akan mempertimbangkan untuk
menjualnya keluar negeri jika pasar dalam negeri melebihi kapasitas atau
permintaan yang terbatas. Dalam hal ini perusahaan harus bekerja sama dengan
asosiasi/ lembaga-lembaga perdagangan untuk membantu memasarkan produknya.
- Perubahan dan Inovasi
Proses pembaharuan produk dan barang
memiliki tujuan agar konsumen tidak bosan dengan barang yang dijual oleh
perusahaan tersebut. Biasanya perusahaan merubah produk dengan memperbaharui
tampilan atau membuat produk baru untuk menarik para pelanggan atau konsumen
yang lain.
D. PERAN BISNIS DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT
Bisnis dapat dilakukan oleh semua
lapisan masyarakat, karena inti dari bisnis itu sendiri adalah untuk
mendapatkan laba, walaupun ada juga bisnis yang tidak mencari laba tetapi hanya
untuk meningkatkan kesejahteraan para anggotanya. Bisnis memiliki peranan yang
sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan berbisnis, pihak pebisnis
akan mendapat keuntungan secara ekonomi atas barang yang dijual atau jasa yang
ditawarkan, sedangkan untuk pihak konsumen akan dapat memenuhi kebutuhan
hidupnya dengan cara membeli barang yang dijual maupun menggunakan jasa yang
ditawarkan oleh si pebisnis. Contohnya seperti masyarakat tidak perlu
repot-repot lagi membuat alat penerangan karena sudah ada lampu yang diproduksi
oleh suatu perusahaan. Dapat kita lihat dari contoh diatas bahwa terdapat
peranan bisnis karena perusahaan menjual produknya kepada konsumen agar
konsumen dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan hidupnya, dan pastinya
perusahaan mengambil keuntungan dari produk yang dijualnya. Hal ini sesuai
dengan makna dari bisnis itu sendiri bahwa selain mengambil keuntungan dari
bisnis yang dijalankan, pebisnis juga harus dapat memenuhi kebutuhan hidup
masyarakat luas dari penjualan produk atau penawaran jasa.
SUMBER - SUMBER :
http://www.seputarpengetahuan.com/2015/02/10-pengertian-bisnis-menurut-para-ahli-secara-lengkap.html
http://www.seputarpengetahuan.com/2015/02/10-pengertian-bisnis-menurut-para-ahli-secara-lengkap.html
Komentar
Posting Komentar