A.
PENGERTIAN
MARKETING MIX
Secara bahasa, Marketing
Mix adalah Bauran Pemasaran. Sedangkan menurut istilah, Marketing Mix adalah strategi pemasaran
yang dilaksanakan secara terpadu atau strategi pemasaran yang dilakukan secara
bersamaan dalam menerapkan elemen strategi yang ada dalam marketing mix itu sendiri.
B.
UNSUR
– UNSUR 7P DALAM MARKETING MIX
1. Product
2. Price
3. Promotion
4. Place
5. People
6. Process
7. Physical Evidence
C.
ORIENTASI
PASAR
Orientasi pasar merupakan sesuatu
yang penting bagi perusahaan sejalan dengan meningkatnya persaingan global dan
perubahan dalam kebutuhan pelanggan dimana perusahaan menyadari bahwa mereka
harus selalu dekat dengan pasarnya.
Contoh
perusahaan yang mengadakan orientasi pasar seperti misalnya perusahaan makanan
memproduksi suatu produk makanan baru, strategi pemasarannya yaitu dengan cara membagikan
sampel makanan gratis dan memberikan kuesioner bagi penerima sampel makanan.
Setelah mengumpulkan semua kuesioner, maka perusahaan tersebut akan tahu
seberapa besar minat masyarakat terhadap produk makanan baru yang diproduksi perusahaan
tersebut. Jika ternyata hasilnya menyatakan minat masyarakat tinggi, maka
perusahaan tersebut akan meningkatkan jumlah produksi makanan tersebut. Jika
minat masyarakat rendah, maka perusahaan tersebut akan melakukan inovasi lagi
untuk meningkatkan minat masyarakat dalam membeli produk makanan yang
perusahaan tersebut jual. Sedangkan contoh untuk perusahaan yang tidak
melakukan orientasi pasar yaitu misalkan perusahaan tersebut membuat suatu
produk tetapi perusahaan tersebut tidak menganalisa apakah produk tersebut akan
banyak diminati masyarakat atau tidak. Jadi dalam hal ini perusahaan tersebut
akan terus memproduksi tanpa tahu apakah produk tersebut akan laku di pasaran
dalam jangka panjang. Jika hal ini terus dibiarkan, maka kemungkinan yang dapat
terjadi yaitu penjualan produk tersebut akan menurun karena dengan tidak
dilakukannya orientasi pasar, perusahaan tersebut juga akan malas melakukan
inovasi terhadap produk yang dijualnya.
Jadi dapat
disimpulkan, perusahaan yang akan terus bertahan dalam jangka panjang yaitu
perusahaan yang melakukan orientasi pasar karena dengan begitu perusahaan
tersebut akan terus mengembangkan produk-produknya menjadi lebih baik lagi dan
hal ini dapat memunculkan serta meningkatkan masyarakat untuk selalu membeli
produk-produk yang dijual perusahaan tersebut.
D. PENGARUH HARGA TERHADAP PRODUSEN
& KONSUMEN
Bagi
produsen, kenaikan harga dapat berdampak baik bila pendapatan yang diperoleh
lebih tinggi daripada kenaikan biaya produksi. Bila hal ini terjadi, produsen
akan terdorong untuk melipat gandakan produksinya (biasanya terjadi pada
pengusaha besar). Namun, bila kenaikan harga menyebabkan naiknya biaya produksi
hingga pada akhirnya merugikan produsen, maka produsen enggan untuk meneruskan
produksinya. Sehingga produsen bisa menghentikan produksinya untuk sementara
waktu.
Bagi
konsumen, harga sangat berpengaruh pada minat beli konsumen terhadap suatu
barang. Dalam membeli barang, konsumen tentu akan melakukan
pertimbangan-pertimbangan tertentu seperti apakah barang yang dibeli akan memberikan
tingkat kepuasan yang besar atau apakah harga dan manfaat dari barang yang
dibeli seimbang. Jika harga yang ditawarkan produsen mengalami peningkatan,
otomatis konsumen akan mengurangi jumlah pembeliannya. Sebaliknya, jika harga
barang tersebut relatif murah dan kualitasnya juga bagus, maka konsumen akan
meningkatkan minat belinya terhadap barang tersebut.
SUMBER
Komentar
Posting Komentar